Faktor-Faktor Yang Turut Menjadi Penyebab Limbah

09/29/2015 12:00

Adalah pembuangan limbah serta pengadaan air bersih yang tidak memadai, Iingkungan yang penuh sesak serta kurangnya kebersihan perorangan, kemiskinan, kurangnya akses pada pelayanan kesehatan dan kurangnya pendidikan. Bahkan di Amerika Serikat sekalipun, kerugian ekonomi yang bermakna terjadi akibat diare infeksius akut yang menyebabkan 250.000 perawatan rumah sakit dan hampir 8 juta kunjungan pasien ke dokter setiap tahunnya.

Sebagian besar penyakit diare infeksius didapat melalui penularan fekal-oral melalui makanan atau air yang tercemar oleh kotoran manusia sebagai akibat dari sistem pembuangan limbah yangjelek atau oleh kotoran hewan peliharaan di dalam air yang kebersihannya tidak memadai. Daging sapi, babi atau unggas dapat menjadi sumber infeksi bila daging tersebut tidak dimasak dengan baik. Permukaan alat untuk pembuatan makanan dapat terkontaminasi oleh organisme yang akan mencemari makanan yang tidak dimasak. Penularan antarmanusia juga dapat terjadi lewat obat herbal untuk sakit gula darah polusi udara (agen Norivalk, rotavirus), kontaminasi tangan ( Clostridium dfficile) atau permukaan tubuh, atau lewat aktivitas seksual.

Di Amerika Serikat, kelompok populasi dengan risiko yang tinggi untuk menderita diare infeksius akut mencakup para wisatawan yang akan bepergian ke negara-negara berkembang atau yang baru kembali dari negara-negara tersebut, individu yang mengkonsumsi kerangkerangan, kaum homoseks (gay bowel syndrome), perbmpuan tuna susila dan pemakai obat bius intravena. Para penderita AIDS menghadapi risiko untuk menderita rangkaian infeksi enterik yang serius secara mencolok (Tabel 39-l).

Di antara anak-anak yang diperiksa di klinik perawatan siang hari, diare infeksius akut umumnya terjadi dari penularan antar-manusia. Organisme yang paling sering terlibat dalam epidemi diare di tempat perawatan tersebut adalah S hi g ella, Giardia lamblia dan C ryp tosporidium., Angka serangan sekunder yang berkisar antara l0 dan 20 persen menggambarkan sumber infeksi yang penting bagi orairg tua serta saudara sekandung. Institusi lain yang berisiko tinggi untuk terjadinya epidemi diare infeksius akut adalah para penghuni panti perawatan untuk anakanak cacat mental serta tumbuh-kembang, panti-panti perawatan orang tua dan rumah sakit.
 

—————

Back